• Uncategorized
  • 0

Tentang Storage Recovery Software

bebek

Menyimpan arsip-arsip penting tentu merupakan kebiasaan dari setiap pekerja. Baik itu pekerja kantoran, pembisnis, maupun pekerjaan lain nya yang sangat bergantung dengan arsip yang disimpannya. Tentu akan sangat risih bila harus menyimpan arsip dalam bentuk kertas yang semakin lama semakin menggunung. Dengan kemajuan teknologi maka kini, kita pun lebih sering menyimpan berkas dalam bentuk digital atau software.

unduhan

Dengan penyimpanan digital kita tidak perlu untuk merapikan kertas-kertas dan memilah nya dengan sulit ketika kita membutuhkan nya. Kita hanya perlu membuka device/perangkat yang kita gunakan untuk membukanya.

          Namun bagaimana jika ternyata data yang kita simpan hilang akibat ketidak sempurnaan proses penyimpanan atau tersembunyi karena device yang kita gunakan mati mendadak, terformat atau diserang virus ? Pasti akan sangat menjengkelkan.
Pernah kah anda mendengar tentang Storage Recovery Software/Backup Software? Dalam teknologi informasi, Storage Recovery/Backup adalah proses membuat data cadangan dengan cara menyalin atau membuat arsip data komputer sehingga data tersebut dapat digunakan kembali apabila terjadi kerusakan atau kehilangan dan Software adalah sebuah applikasi yang dapat digunakan dan dioperasikan.
           Dengan kesatuan arti, dapat disimpulkan bahwa Storage Recovery Software adalah sebuah Applikasi yang terprogram guna untuk membentuk data cadangan dengan menyalin atau membuat arsip lain yang serupa pada komputer sehingga data dapat digunakan kembali apabila terjadi kerusakan atau hilang.
          Secara garis besar, Tujuan utama Storage Recovery/Backup adalah untuk mengembalikan data apabila data tersebut hilang, baik karena terhapus atau karena rusak (corrupt). Tujuan kedua adalah untuk mengembalikan data ke titik tertentu pada masa lalu. Karena fungsinya, proses backup mengharuskan pengguna menggandakan data, yang akhirnya menghabiskan kapasitas media penyimpanan. Ini mendorong ditemukannya teknologi-teknologi untuk mengefesienkan penyimpanan data backup, misalnya deduplikasi dan kompresi.
Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Backup
http://www.umahdroid.com/2015/11/pengertian-tujuan-fungsi-kriteria-dan-pentingnya-backup-data.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Perangkat_lunak_utilitas

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *